![]() |
Add caption |
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat,
hidayah serta kesehatan kepada hambanya sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah ini sesuai dengan yang penyusun harapkan. Makalah berjudul “Program Aplikasi Pembuat Grafis”, penyusun
buat dengan tujuan memenuhi tugas dalam pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak M.
Qosim, S.Pd selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi
sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.
Disini penulis juga
menyampaikan, jika seandainya dalam
penulisan makalah ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan,
untuk itu penulis dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari
pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga apa yang
diharapkan penulis dapat dicapai dengan sempurna, dan ada manfaatnya bagi kami utamanya dan juga bagi pembaca dapat digunakan
sebagai acuan untuk tugas lainnya. Amin.
Gumukmas, 08 Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
v HALAMAN
SAMPUL
v KATA
PENGANTAR ........................................................................................... 1
v DAFTAR ISI ......................................................................................................... 2
v BAB I
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG ..................................................................................... 3
2.
RUMUSAN MASALAH ................................................................................ 3
3.
TUJUAN .......................................................................................................... 3
v BAB II
PEMBAHASAN
1.
PENGERTIAN
DESAIN GRAFIS ............................................................... 4
2.
PROGRAM
APLIKASI PEMBUAT GRAFIS…………………….............. 5
3.
APLIKASI
YANG DIGUNAKAN DALAM DESAIN GRAFIS............... 5
4.
UNSUR DESAIN
GRAFIS ........................................................................... 6
5.
MACAM MACAM
DESAIN GRAFIS ........................................................ 7
v BAB III
PENUTUP
1.
KESIMPULAN ............................................................................................... 14
2.
SARAN ............................................................................................................ 14
v DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................ 15
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Desain
grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah,
dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis
juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kalidisebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain.Desain
grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan
ruang.
Unsur
dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur
tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang,dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,seperti
keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi("proportion")
dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih
luas.
2. Rumusan
Masalah
Ø
Apa
yang dimaksud dengan desain ?
Ø Apa
saja unsur di dalam desain grafis ?
Ø Apa
saja macam-macam desain grafis ?
Ø 4.Apa
saja software yang digunakan dalam desain grafis ?
3. Tujuan Masalah
Ø
Untuk mengetahui
pengertian desain
Ø
Untuk mengetahui apa
saja unsur yang terdapat di dalam desain grafis
Ø
Untuk mengetahui apa
saja macam-macam desain grafis
Ø
Untuk mengetahui apa
saja software yang dapat digunakan di dalam desain grafis.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
PENGERTIAN
Desain diterjemahkan sebagai seni
terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah
kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata
kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan
menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut
hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana,
proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Grafika adalah segala cara
pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang
diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak.
Contohnya adalah foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi,
angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali
dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.
Desain grafis adalah suatu bentuk
komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Pemodelan adalah membentuk suatu
benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek
bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai
pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang
mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan,
arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat
lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan,
penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.
2.
PROGRAM
APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Pada
pembuatan media informasi digital seperti halnya website,eksistensi grafis
sudah menjadi suatu kebutuhan.Bahkan,sudah menjadi hal yang
konvensional jka suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi,baik
animasi berbasis grafis maupun berbasis suara.Tidak dapat di pungkiri
lagi,grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau
website.Hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen
software,terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang design grafis,sehingga
bermunculan software-software berbasis
grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih,mudah dalam
pengoperasian,menarik,dan compatible.
3. APLIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM DESAIN
GRAFIS
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis :
·
Adobe
photoshop
·
Adobe
illustrator
·
Adobe
indesign
·
Page
maker
·
Coreldraw
·
GIMP
·
Inkscape
·
Adobe
freehand
·
Adobe
image readyWebdesign
·
Macromedia
dreamweaver
·
Microsoft
FrontpageAudiovisual
·
Adobe
After Effect
·
Adobe
Premier
·
Final
Cut
·
Adobe
Flash, atau sebelumnyaMacromedia Flash
·
Ulead
Video Studio
·
Magic
Movie Edit Pro
·
Power
Director
4. UNSUR DESAIN GRAFIS
Agar
desain yang kita hasilkan menarik mata ada beberapa unsur yang harus dipelajari
yaitu unsur dalam desain grafis. Semua unsur tersebut tidak harus dimasukkan
sekaligus dalam sebuah karya desain karena ada sebagian
desain yang menuntut salah satu dari unsur tersebut harus diprioritaskan jadi
ada penekanan-penekanan dalam setiap unsur.
§ Garis (Line)
Sebuah
garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan
titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau
lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau
konstruksi desain. Di dalam duni a komunikasi visual seringkali kita
menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.
§ Bentuk (Shape)
Bentuk
adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang
dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
§ Tekstur (Texture)
Tekstur
adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan
cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan
sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju,
kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
§ Ruang (Space)
Ruang
merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain
dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain
grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua
unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
§ Ukuran (Size)
Ukuran
adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan
(emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan
dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
§ Warna (Color)
Warna
merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa
menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari
bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
5. MACAM MACAM DESAIN
GRAFIS
Macam-macam
Desain Berdasarkan Kategorinya
Secara umum, software
atau program aplikasi desain grafis saat ini membedakan desain berdasarkan dua
kategori utama. Yaitu gambar desain vektor dan gambar desain raster. Desain
raster juga biasa disebut sebagai bitmap. Supaya lebih jelas, kami akan
beri penjelasannya mengenai kedua tipe gambar tersebut beserta apa saja
perbedaan antar keduanya.
Apa
itu Vektor?
Gambar vektor adalah format file
grafis berdasarkan ekspresi matematika yang terdiri dari titik (point), garis
(line), dan bentuk (shape).
Images
via Freepik.com
Gambar vektor juga punya
istilah yang biasa disebut dengan point. Maksudnya point adalah setiap
titik (node) yang saling dihubungkan untuk membuat bentuk-bentuk tertentu.
Point tersebut bisa ditambahkan, dihapus, atau dipindahkan jalur garisnya untuk
membuat bentuk-bentuk tertentu sesuai keinginan.
Images
via Freepik.com
Gambar vektor tidak akan blur atau
pecah ketika diperbesar. Ukuran aslinya akan tetap terjaga tanpa ada penurunan
kualitas sedikitpun.
Apa itu Bitmap?
Contoh gambar bitmap, yang apabila
di zoom akan terlihat kumpulan warna kotak-kotak (pixel) – via Freepik.com
Gambar bitmap, atau disebut juga
sebagai gambar raster adalah tipe file gambar yang disusun oleh grid pixel
atau titik warna. Ukuran gambar bitmap dapat dikurangi (diperkecil) tanpa
kehilangan kualitas. Namun gambar bitmap atau raster akan kehilangan kualitas
jika ukurannya meningkat melampaui dimensi aslinya (jika diperbesar maka gambar
akan terlihat buram atau pecah).
Perbedaan Antara
Desain Raster dan Desain Vektor
Images oleh Freepik.com
Setelah mengetahui apa itu
desain raster dan desain vektor, maka selanjutnya kami bahas perbedaan
antara keduanya. Karena sebelumnya sudah dibahas mengenai keduanya, maka dipembahasan
ini akan lebih difokuskan mengenai apa-apa saja yang menjadi perbedaan di
antara keduanya.
Raster
(Bitmap)
Gambar bitmap disusun oleh objek
yang disebut pixel. Kerapatan ribuan hingga jutaan kotak-kotak warna (pixel)
yang tersusun hingga membentuk sebuah gambar tersebut dinamakan resolution
(resolusi).
Gambar bitmap memang tidak akan
pecah jika ukurannya diperkecil, namun akan terlihat buram dan pecah jika
ukurannya semakin diperbesar dari ukuran aslinya.
Gambar bitmap juga membutuhkan resolusi
yang tinggi jika kamu ingin mencetaknya (print). Jika tidak, maka gambar akan
terlihat buram atau pecah-pecah dalam hasil cetaknya. Hal ini jugalah yang
menjadikan ukuran file gambar bitmap akan lebih besar bila dibandingkan dengan
ukuran file dari gambar vektor.
Namun, gambar bitmap sangat
tepat digunakan bila gambar tersebut memiliki banyak gradasi warna yang
rumit dan juga adanya bayangan pada gambar. Gambar bitmap akan terlihat sangat
halus untuk menampilkan perpaduan banyak warna. Misalnya pada sebuah foto, atau
lukisan digital.
Selain itu, karena layar komputer
menampilkan gambar dengan resolusi dalam satuan pixel, maka gambar yang akan
ditampilkan adalah gambar bertipe bitmap. Tentunya tipe gambar ini memang yang
paling populer digunakan dalam dunia digital.
Format
file gambar bitmap:
·
PSD (“PhotoShop Document”):
Standar format untuk software Photoshop dengan dukungan layer.
·
TIFF (“Tagged Image File Format”): Memungkinkan kompresi
gambar tanpa kehilangan kualitas. Digunakan juga sebagai alternatif PSD dengan
ukuran yang lebih kecil.
·
JPEG (“Joint Photographic Expert Group”): Sebuah sistem
kompresi gambar yang sangat populer dalam dunia digital komputer.
·
PDF (“Portable Document Format”): Memungkinkan untuk
menyimpan gambar vektor dan bitmap. Sangat berguna untuk file yang akan
dicetak.
·
GIF (“Graphics Interchange Format”): Umumnya digunakan
sebagai gambar bergerak dengan menggunakan 256 warna untuk menghasilkan lapisan
(layer) animasi.
·
PNG (“Portable Network Graphics”): Menggunakan sistem kompresi
yang memungkinkan transparansi pada gambar. PNG ini memiliki penggunaan
yang sama seperti file GIF, tetapi dengan kualitas yang lebih baik. PNG juga
populer digunakan untuk desain komponen user interface pada website atau
program.
·
RAW (“Right Angle Weave”): Dikenal sebagai digital
negative. Yang populer digunakan dalam dunia fotografi.
Vektor
Gambar vektor memungkinkan
pengguna untuk menjaga kualitas desain mereka di berbagai format dan resolusi.
Dalam file vektor, masing-masing titik, garis, dan bentuk diciptakan sepenuhnya
secara terukur.
Gambar vektor tidak akan buram atau
pecah, baik ketika diperkecil ataupun diperbesar, ukuran dan kualitasnya akan
tetap terjaga dengan baik.
Dalam
desain grafis, vektor biasa digunakan untuk membuat:
·
Logo
·
Icon
·
Illustrasi
·
Infografik
·
Font
·
Pattern
·
Element
pada halaman website
·
Kartu
nama, brosur, poster, dsb
Gambar vektor sangat tepat
digunakan untuk media cetak (print), karena kualitas warna tampilannya di layar
komputer akan tetap sama ketika dicetak dengan printer (di kertas, buku,
atau media cetak lainnya).
Contoh hasil cetak desain vektor
yang dibuat dengan menggunakan software Adobe Ilustrator
Software
yang biasa digunakan untuk desain vektor adalah:
- Adobe Ilustrator (berbayar – terbaik dan paling populer digunakan, bisa dikombinasikan dengan Photoshop)
- CorelDRAW (berbayar – alternatif paling populer)
- Inkscape (gratis – tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OSX)
- Sketch (berbayar – khusus untuk OS Apple Macintosh)
- Affinity (berbayar – khusus untuk OS Apple Macintosh)
Format
file gambar vektor:
- AI – Format file dari Adobe Ilustrator
- EPS – (Encapsulated PostScript) yang juga milik dari Adobe
- SVG – (Scalable Vector Graphics) yakni standar file vektor dari organisasi W3C untuk kebutuhan website
- DXF – (Drawing eXchange Format) yakni standar format file dari program AutoCAD milik perusahaan Autodesk
http://www.qiuqiu99.net/?ref=alifcapsa2
BAB III
PENUTUP
1. KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan
di atas dapat di simpulkan bahwa ilmu komunikasi adalah ilmu
yang membahas tentang bagaimana orang menyampaikan pendapat / gagasan atau
informasi kepada lawan bicara atau khalayak ramai baik berupa lisan /
tulisan,media massa,audio visual dan sebagainya dan informasi tersebut mudah di
pahami yang akhirnya terjadi timbal balik.
Sedangkan desain grafis
adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana kita merancang atau mendesain
sebuah tulisan,bangunan dan sebagainya sehingga menarik perhatian khalayak
ramai.
Berikut
ini peran penting ilmu komunikasi dalam desain grafis dan desain komunikasi
visual :
v Sebuah
informasi seperti surat kabar tidak akan menarik apabila tidak ada ilustrasi
contohnya gambar atau foto dalam informasi, untuk menarik perhatian
digunakanlah ilmu desain grafis untuk mendesain sebuah tulisan seperti surat
kabar.
v Sedangkan
desain grafis komunikasi visual bermanfaat di bidang periklanan contohya
iklan-iklan yang ada di televisi. Misalnya kita akan mempromosikan sebuah produk
barang,untuk lebih menarik peminat kita gunakan komunikasi visual.
2. SARAN
Pembuatan makalah
sebaliknya berdasarkan referensi yang jelas agar pembaca tidak meragukan
kebenaran isi makalah dan hindari pembuatan makalah yang sifatnya palgiat atau
copy paste dari situs-situs internet karena akan berdampak pada penulis itu
sendiri. Dampaknya antara lain penulis jadi malas membaca dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
http://raja13.com/?ref=alifcapsa1