Pengenalan program aplikasi pembuat Grafis dan perbedaan grafis berbasis Vektor dan Bitmap


Add caption
KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah serta kesehatan kepada hambanya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan yang penyusun harapkan. Makalah berjudul Program Aplikasi Pembuat Grafis”, penyusun buat dengan tujuan memenuhi tugas dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak M. Qosim, S.Pd selaku guru pembimbing yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.
            Disini penulis juga menyampaikan, jika seandainya dalam penulisan makalah ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan, untuk itu penulis dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga apa yang diharapkan penulis dapat dicapai dengan sempurna, dan ada manfaatnya bagi kami utamanya dan juga bagi pembaca dapat digunakan sebagai acuan untuk tugas lainnya. Amin.
                                                                                    
Gumukmas, 08 Oktober 2016


       Penulis



DAFTAR ISI

v  HALAMAN SAMPUL
v  KATA PENGANTAR ........................................................................................... 1
v  DAFTAR ISI ......................................................................................................... 2
v  BAB I PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG ..................................................................................... 3
2.      RUMUSAN MASALAH ................................................................................ 3
3.      TUJUAN .......................................................................................................... 3
v  BAB II PEMBAHASAN
1.         PENGERTIAN DESAIN GRAFIS ............................................................... 4
2.         PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS…………………….............. 5
3.         APLIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM DESAIN GRAFIS............... 5
4.         UNSUR DESAIN GRAFIS ........................................................................... 6
5.         MACAM MACAM DESAIN GRAFIS ........................................................ 7
v  BAB III PENUTUP
1.      KESIMPULAN ............................................................................................... 14
2.      SARAN ............................................................................................................ 14
v  DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 15

  
BAB I
PENDAHULUAN

1.   Latar Belakang
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kalidisebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain.Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang,dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
                                                                                                       
2.   Rumusan Masalah
Ø  Apa yang dimaksud dengan desain ?
Ø  Apa saja unsur di dalam desain grafis ?
Ø  Apa saja macam-macam desain grafis ?
Ø  4.Apa saja software yang digunakan dalam desain grafis ?

3.   Tujuan Masalah
Ø  Untuk mengetahui pengertian desain
Ø  Untuk mengetahui apa saja unsur yang terdapat di dalam desain grafis
Ø  Untuk mengetahui apa saja macam-macam desain grafis
Ø  Untuk mengetahui apa saja software yang dapat digunakan di dalam desain grafis.


BAB II
PEMBAHASAN

1.      PENGERTIAN
Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. 
Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.
2.      PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Pada pembuatan media informasi digital seperti halnya website,eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan.Bahkan,sudah menjadi hal yang konvensional jka suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi,baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara.Tidak dapat di pungkiri lagi,grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website.Hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software,terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang design grafis,sehingga bermunculan software-software  berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih,mudah dalam pengoperasian,menarik,dan compatible.
3.      APLIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM DESAIN GRAFIS
            Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis :
·         Adobe photoshop
·         Adobe illustrator 
·         Adobe indesign
·         Page maker 
·         Coreldraw
·         GIMP
·         Inkscape
·         Adobe freehand
·         Adobe image readyWebdesign
·         Macromedia dreamweaver 
·         Microsoft FrontpageAudiovisual
·         Adobe After Effect
·         Adobe Premier 
·         Final Cut
·         Adobe Flash, atau sebelumnyaMacromedia Flash
·         Ulead Video Studio
·         Magic Movie Edit Pro
·         Power Director
4.      UNSUR DESAIN GRAFIS
Agar desain yang kita hasilkan menarik mata ada beberapa unsur yang harus dipelajari yaitu unsur dalam desain grafis. Semua unsur tersebut tidak harus dimasukkan sekaligus dalam sebuah karya desain karena ada sebagian desain yang menuntut salah satu dari unsur tersebut harus diprioritaskan jadi ada penekanan-penekanan dalam setiap unsur.
§  Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam duni a komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.
§  Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
§  Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
§  Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
§  Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
§  Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
5.      MACAM MACAM DESAIN GRAFIS
Macam-macam Desain Berdasarkan Kategorinya
Secara umum, software atau program aplikasi desain grafis saat ini membedakan desain berdasarkan dua kategori utama. Yaitu gambar desain vektor dan gambar desain raster. Desain raster juga biasa disebut sebagai bitmap. Supaya lebih jelas, kami akan beri penjelasannya mengenai kedua tipe gambar tersebut beserta apa saja perbedaan antar keduanya.
Apa itu Vektor?
Gambar vektor adalah format file grafis berdasarkan ekspresi matematika yang terdiri dari titik (point), garis (line), dan bentuk (shape).

Images via Freepik.com
Gambar vektor juga punya istilah yang biasa disebut dengan point. Maksudnya point adalah setiap titik (node) yang saling dihubungkan untuk membuat bentuk-bentuk tertentu. Point tersebut bisa ditambahkan, dihapus, atau dipindahkan jalur garisnya untuk membuat bentuk-bentuk tertentu sesuai keinginan.
Images via Freepik.com
Gambar vektor tidak akan blur atau pecah ketika diperbesar. Ukuran aslinya akan tetap terjaga tanpa ada penurunan kualitas sedikitpun.

 Apa itu Bitmap?
 

Contoh gambar bitmap, yang apabila di zoom akan terlihat kumpulan warna kotak-kotak (pixel) – via Freepik.com
Gambar bitmap, atau disebut juga sebagai gambar raster adalah tipe file gambar yang disusun oleh grid pixel atau titik warna. Ukuran gambar bitmap dapat dikurangi (diperkecil) tanpa kehilangan kualitas. Namun gambar bitmap atau raster akan kehilangan kualitas jika ukurannya meningkat melampaui dimensi aslinya (jika diperbesar maka gambar akan terlihat buram atau pecah).
Perbedaan Antara Desain Raster dan Desain Vektor

Images oleh Freepik.com
Setelah mengetahui apa itu desain raster dan desain vektor, maka selanjutnya kami bahas perbedaan antara keduanya. Karena sebelumnya sudah dibahas mengenai keduanya, maka dipembahasan ini akan lebih difokuskan mengenai apa-apa saja yang menjadi perbedaan di antara keduanya.
Raster (Bitmap)
Gambar bitmap disusun oleh objek yang disebut pixel. Kerapatan ribuan hingga jutaan kotak-kotak warna (pixel) yang tersusun hingga membentuk sebuah gambar tersebut dinamakan resolution (resolusi).
Gambar bitmap memang tidak akan pecah jika ukurannya diperkecil, namun akan terlihat buram dan pecah jika ukurannya semakin diperbesar dari ukuran aslinya.
Gambar bitmap juga membutuhkan resolusi yang tinggi jika kamu ingin mencetaknya (print). Jika tidak, maka gambar akan terlihat buram atau pecah-pecah dalam hasil cetaknya. Hal ini jugalah yang menjadikan ukuran file gambar bitmap akan lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran file dari gambar vektor.
Namun, gambar bitmap sangat tepat digunakan bila gambar tersebut memiliki banyak gradasi warna yang rumit dan juga adanya bayangan pada gambar. Gambar bitmap akan terlihat sangat halus untuk menampilkan perpaduan banyak warna. Misalnya pada sebuah foto, atau lukisan digital.
Selain itu, karena layar komputer menampilkan gambar dengan resolusi dalam satuan pixel, maka gambar yang akan ditampilkan adalah gambar bertipe bitmap. Tentunya tipe gambar ini memang yang paling populer digunakan dalam dunia digital.

 Format file gambar bitmap:
·            PSD (“PhotoShop Document”): Standar format untuk software Photoshop dengan dukungan layer.
·            TIFF (“Tagged Image File Format”): Memungkinkan kompresi gambar tanpa kehilangan kualitas. Digunakan juga sebagai alternatif PSD dengan ukuran yang lebih kecil.
·            JPEG (“Joint Photographic Expert Group”): Sebuah sistem kompresi gambar yang sangat populer dalam dunia digital komputer.
·            PDF (“Portable Document Format”): Memungkinkan untuk menyimpan gambar vektor dan bitmap. Sangat berguna untuk file yang akan dicetak.
·            GIF (“Graphics Interchange Format”): Umumnya digunakan sebagai gambar bergerak dengan menggunakan 256 warna untuk menghasilkan lapisan (layer) animasi.
·            PNG (“Portable Network Graphics”): Menggunakan sistem kompresi yang memungkinkan transparansi pada gambar. PNG ini memiliki penggunaan yang sama seperti file GIF, tetapi dengan kualitas yang lebih baik. PNG juga populer digunakan untuk desain komponen user interface pada website atau program.
·            RAW (“Right Angle Weave”): Dikenal sebagai digital negative. Yang populer digunakan dalam dunia fotografi.
Vektor
Gambar vektor memungkinkan pengguna untuk menjaga kualitas desain mereka di berbagai format dan resolusi. Dalam file vektor, masing-masing titik, garis, dan bentuk diciptakan sepenuhnya secara terukur.
Gambar vektor tidak akan buram atau pecah, baik ketika diperkecil ataupun diperbesar, ukuran dan kualitasnya akan tetap terjaga dengan baik.
Dalam desain grafis, vektor biasa digunakan untuk membuat:
·         Logo
·         Icon
·         Illustrasi
·         Infografik
·         Font
·         Pattern
·         Element pada halaman website
·         Kartu nama, brosur, poster, dsb
Gambar vektor sangat tepat digunakan untuk media cetak (print), karena kualitas warna tampilannya di layar komputer akan tetap sama ketika dicetak dengan printer (di kertas, buku, atau media cetak lainnya).
Contoh hasil cetak desain vektor yang dibuat dengan menggunakan software Adobe Ilustrator
Software yang biasa digunakan untuk desain vektor adalah:
  • Adobe Ilustrator (berbayar – terbaik dan paling populer digunakan, bisa dikombinasikan dengan Photoshop)
  • CorelDRAW (berbayar – alternatif paling populer)
  • Inkscape (gratis – tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OSX)
  • Sketch (berbayar – khusus untuk OS Apple Macintosh)
  • Affinity (berbayar – khusus untuk OS Apple Macintosh)
Format file gambar vektor:
  • AI – Format file dari Adobe Ilustrator
  • EPS – (Encapsulated PostScript) yang juga milik dari Adobe
  • SVG – (Scalable Vector Graphics) yakni standar file vektor dari organisasi W3C untuk kebutuhan website
  • DXF – (Drawing eXchange Format) yakni standar format file dari program AutoCAD milik perusahaan Autodesk
 
                                                   http://www.qiuqiu99.net/?ref=alifcapsa2


BAB III
PENUTUP

1.      KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa ilmu komunikasi adalah ilmu yang membahas tentang bagaimana orang menyampaikan pendapat / gagasan atau informasi kepada lawan bicara atau khalayak ramai baik berupa lisan / tulisan,media massa,audio visual dan sebagainya dan informasi tersebut mudah di pahami yang akhirnya terjadi timbal balik.
Sedangkan desain grafis adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana kita merancang atau mendesain sebuah tulisan,bangunan dan sebagainya sehingga menarik perhatian khalayak ramai.
Berikut ini peran penting ilmu komunikasi dalam desain grafis dan desain komunikasi visual :
v  Sebuah informasi seperti surat kabar tidak akan menarik apabila tidak ada ilustrasi contohnya gambar atau foto dalam informasi, untuk menarik perhatian digunakanlah ilmu desain grafis untuk mendesain sebuah tulisan seperti surat kabar.
v  Sedangkan desain grafis komunikasi visual bermanfaat di bidang periklanan contohya iklan-iklan yang ada di televisi. Misalnya kita akan mempromosikan sebuah produk barang,untuk lebih menarik peminat kita gunakan komunikasi visual.
2.      SARAN
Pembuatan makalah sebaliknya berdasarkan referensi yang jelas agar pembaca tidak meragukan kebenaran isi makalah dan hindari pembuatan makalah yang sifatnya palgiat atau copy paste dari situs-situs internet karena akan berdampak pada penulis itu sendiri. Dampaknya antara lain penulis jadi malas membaca dan sebagainya.


DAFTAR PUSTAKA




 
                              http://raja13.com/?ref=alifcapsa1






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
$-)
(y)
(f)
x-)
(k)
(h)
cheer